Lionel Messi Datang, PSG Makin Kaya Dalam Segala Aspek

By ommed


nusakini.com - Paris Saint-Germain merekrut Lionel Messi dengan status bebas transfer setelah meninggalkan Barcelona pada musim panas lalu, mengikat pemain Argentina itu dengan kontrak dua musim plus opsi satu tahun tambahan.

Perekrutan pemenang Ballon d'Or tujuh kali itu dianggap oleh banyak orang sebagai kudeta terbesar di bursa transfer kemarin, namun apa pengaruhnya terhadap pundi-pundi keuntungan PSG sejauh ini?


PSG telah menjual hampir satu juta kaus yang dicetak dengan nama Messi hingga saat ini, pada musim 2021/22.

Direktur divisi sponsor klub, Marc Armstrong mengatakan kedatangan pemain berusia 34 tahun itu menyebabkan penjualan kaos secara keseluruhan memecahkan rekor untuk tahun ini dan percaya bahwa angkanya bakal lebih tinggi jika tidak ada penundaan produksi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

"Ia aset yang luar biasa. Dari sudut pandang komersial, dampaknya luar biasa," kata Armstrong.

"Kami percaya bahwa tahun lalu kami menjual lebih banyak kaus daripada klub lain, dan tahun ini akan lebih baik lagi. Ini jelas peluncuran jersey terbaik dalam hal penjualan dengan setidaknya peningkatan permintaan 30-40%."

"Permintaannya sangat besar. Jika kami bisa memproduksi lebih banyak, kami akan menjual lebih banyak lagi."


Armstrong juga mengungkapkan tawaran sponsor mulai membanjiri PSG segera setelah kedatangan Messi dari Barcelona diresmikan.

Raksasa Prancis itu bergerak cepat untuk memenangkan perburuan superstar Argentina itu dan sekarang menuai hasilnya karena banyak perusahaan lain yang tertarik menjadi sponsor PSG mengingat dampak Messi yang punya popularitas luar biasa.

Kemitraan telah disepakati dengan merek-merek seperti Autohero, Crypto.com, Smart Good Things dan Gorillas, dan PSG telah mampu meraup jutaan pendapatan tambahan.

"Ada dampak dan mitra berkomitmen pada harga kami. Sebelumnya, permintaan sudah kuat, tetapi sekarang lebih besar dari sebelumnya," tambah Armstrong.

"Kami langsung mengalami peningkatan penawaran yang signifikan dan bahkan sebelum ia resmi menandatangani kontrak di Paris, ada banyak permintaan."

"Kami benar-benar merasakan dampak di semua area bisnis kami: mulai dari sponsorship dan merchandising hingga perhotelan dan tiket."


Jumlah pengikut di media sosial PSG mengalami peningkatan secara eksponensial dengan adanya Messi, sebanyak 20 juta pengikut baru mereka dapatkan di semua platform media sosial mereka hanya pada minggu pertama perekrutannya.

Jumlah tersebut telah meningkat satu juta setiap bulan sejak saat itu, dan Armstrong mengatakan ada rekor lain yang pecah pada hari saat Messi diumumkan sebagai pemain baru PSG.

"Komunitas kami berada pada titik tertinggi sepanjang masa, dengan 150 juta penggemar media sosial," katanya. "Kami memiliki tingkat keterlibatan tertinggi dalam sejarah pengumuman pemain, semua akun klub dan pemain digabungkan."


Messi, yang telah mencatatkan enam gol dan lima assist dalam 15 penampilan pertamanya untuk PSG, juga memberikan efek positif pada penjualan tiket klub.

Armstrong mengakui bahwa klub sedang berjuang untuk memenuhi permintaan karena mereka terus menjual setiap tiket pertandingan jauh sebelum jadwal penjualan seharusnya, dengan kenaikan harga sekarang tak terhindarkan di sektor perhotelan.

Namun, pimpinan divisi sponsor PSG itu berjanji bahwa harga tiket normal akan tetap terjangkau bagi masyarakat umum terlepas dari berapa banyak tingkat pendaftaran yang mengalami peningkatan.


"Ada permintaan besar yang sayangnya tidak dapat kami penuhi saat ini, hanya minat di pasar sekunder yang tumbuh seperti yang Anda harapkan," kata Armstrong.

"Ini adalah salah satu dari banyak elemen yang akan kami pertimbangkan dalam strategi penetapan harga dan dalam semua diskusi pembaruan berkelanjutan kami. Tidak mengherankan jika harga naik."

"Ini adalah titik di mana sedang kami kerjalan. Di area publik umum stadion, kami tetap berkomitmen untuk menjaga harga tetap terjangkau agar semua penggemar kami dapat menikmati pengalaman Paris Saint-Germain." (gi/om)